Content is still the King. Others are the King’s Assistants

Mungkin Anda pernah membaca istilah ‘Content is King‘, yang menceritakan bahwa content adalah segala-galanya bagi sebuah website. Benar, content is still the king anyway, tetapi seorang raja tidak akan bisa menjalankan segala aktivitas tanpa adanya bantuan dari menteri dan staf dari berbagai departemen.

Demikian juga dengan sebuah media online. Website tetaplah menjadi ‘raja’ dari aktifitas online. Tetapi, untuk menarik pengunjung serta mengkonversinya, dibutuhkan bantuan dari luar website itu sendiri. SEO, social medias, blog, email campaign and web analytics merupakan beberapa lembaga departemen yang bertugas membantu sehingga tercapai tujuan akhir website tersebut yaitu peningkatan brand awareness dan sales.Istilah Web 2.0 telah muncul sekitar 4 tahun yang lalu, yang menyebabkan perubahan strategi online dari posisi vertikal ke horizontal. Well, the world is flat already, if you haven’t noticed it. Sebelumnya, sebuah website hanya menyediakan informasi satu arah. Pengunjung hanya bisa membaca content yang tersedia tanpa dapat berinteraksi secara langsung. Yang dapat dilakukan hanyalah mengirim message melalui web form yang tersedia dan mengirim email, sambil menunggu balasan dari customer service. Sedangkan era Web 2.0 memecahkan keterbatasan ini dengan mengizinkan pengunjung untuk berkomentar langsung lewat blog atau mengirimkan feedback melalui social media.

Komunikasi secara horizontal ini menawarkan sisi positif dan negatif bagi perusahaan. Salah satu sisi positifnya, perusahaan dapat mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pasar sehingga dapat dilakukan perbaikan pada produk atau sebagai panutan dalam inovasi produk di masa depan. Sedangkan salah satu sisi negatifnya, apabila produk yang tersedia tidak berkualitas baik, maka akan dengan mudah menjadi bahan pembicaraan yang mengarah pada jatuhnya image produk dan perusahaan tersebut.

Masyarakat telah memanfaatkan berbagai media online untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi. Oleh sebab itu, mau atau tidak mau, suka ataupun tidak suka, komunikasi melalui media online sudah harus dimulai dari sekarang. Tingkatkanlah kualitas produk sehingga tetap baik di mata konsumen dan lakukanlah respon yang baik juga apabila terjadi feedback negatif.

Selamat Tahun Baru 2010 dan selamat memasuki strategi marketing online!

2 comments on “Content is still the King. Others are the King’s Assistants

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>